Berdasarkan pengalaman saya pada saat menginstall Windows XP pada Netbook HP mini 110 -1169 TU melalui USB Flash sangat berbeda dengan Install Windows Xp di PC dan beberapa jenis laptop yang lain.

Waktu itu saya bingung kenapa g bisa? Apa yang salah? knapa selalu muncul blue-screen dan menyatakan terdapat virus pada Usb Flash yang digunakan saat proses install dilakukan? sehingga proses penginstallan Windows tidak bisa dilanjutkan. Padahal sebelumnya Usb Flash yang saya pake baru digunakan untuk Instal Windows di PC lain. Akhirnya setelah browsing diinternet baru tau kalo ternyata Proses pengintalannya berbeda.

Hal-hal yang dibutuhkan sebelum proses install Windows XP di Hp mini:

  • Software nlite – software untuk  mengcompile installasi windows dan driver (Pada sebagian laptop Nlite membutuhkan NetFrame work Sp1).

NET Framework 2.0 SP1 (x86) silahkan download disini

NET Framework 2.0 SP1 (x64) silahkan download disini

  • Software WintoFlash untuk membuat flash disk  seolah2 seperti cd installer windows xp. Dan software ini juga yg nanti kita gunakan untuk compile file yg dibuat oleh nlite tsb.
  • Driver sata hp download disini (bagi yg tidak bisa download dari situ, silahkan sedot disini atau disini Atau Jika Driver SATA tersebut belum ad yang cocok silahkan kunjungi Nvidia untuk driver Nvidia, Intel untuk driver intel dan Amd untuk diver Amd.

Agar proses Install windows berjalan sempurna silahkan download driver sata terbaru untuk hp  karena windows xp tidak akan membaca hdd sata.

Catatan!

- Jangan membuka banyak program saat pembuatan dengan nlite atau wintoflash karena biasanya membuat file corrupt yg tidak bisa dicopy oleh laptop/netbook saat penginstallan windows, sehingga anda harus mengulang proses dari langkah 1.

Berikut ini langkah-langkah install windows xp.

  1. Masukkan cd installer windows ke cd rom.
  2. Buka Nlite, klik next dan cari lokasi installer windows (cd rom).
  3. Buat Lokasi baru untuk Windows Installer hasil copyan dari Nlite.
  4. Nlite akan membutuhkan waktu untuk membaca isi installer windows tersebut.
  5. Klik next terus sampai anda menemukan interface untuk itegrasi driver.
  6. Setelah muncul beberapa tampilan berikut integrate service pack, hotfix, add ons, dll kemudian pilih driver kemudian klik next.
  7. install Driver Sata yang sudah didownload dan ingat dimana file tesebut diinstall kalau anda klik next terus defaultnya bisa ditemukan di c:\swsetup\SP37005.
  8. Kembali ke nlite. klik insert –> multiple driver folder –> cari folder dimana anda menaruh extract-an driver sata tadi.
  9. Pilih semua (CTRL + A) klik ok.
  10. Klik next, tunggu sebentar karena nlite akan mengintegrasikannya.
    Sampai disini anda sudah selesai membuat installer windows.
  11. Matikan dulu antivirus anda karena flash disk akan dilock oleh av sehingga wintoflash tidak bisa memformatnya.
  12. Buka program wintoflash.exe klik next, next, pilih folder tempt windows yg anda buat dg nlite tadi, pilih juga drive usb.
  13. Biarkan sampai selesai.Sampai langkah ini anda sudah berhasil, colok flash disk hidupkan netbook hp mini anda yg mau diinstall windows.
  14. Tekan ESC terus sampai muncul pilihan booting, tekan f9, pilih usb flash drive.
  15. Saat masuk ke booting windows akan ada 2 pilihan, yaitu text dan gui.
  16. Pilih Text kalau untuk xp, dan gui hanya untuk windows 7 atau vista.
  17. Install windows spt biasa.
  18. Dia akan restart, kembali lakukan langkah 14, tapi kali ini pilih GUI.
  19. Windows restart lagi, dan kembali lakukan langkah di atas, pilih GUI sampai windows benar-benar terinstall.

Biasanya hp mini tidak memberikan cd driver jsaat anda membeli Netbook tersebuta. jadi anda harus mendownloadnya sendiri di website hp. Klik disini dan silahkan pilih2 tipe netbook anda.

Tambahan : Error Yg Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya :

- Error Pada File Hal.dll
– Cara Penanggulangan :

untuk yang error hal.dll

restart lagi aja pake ctrl,alt,del. (flashdisk masih colok)

terus pencet esc,f9,dan pilih usb lagi

terus pilih gui

cobai gitu truz..

aku juga ngalamin error hal.dll

dan gitu tadi caranya

Cara Pertama – Untuk yang error hal.dll restart lagi aja pake ctrl,alt,del. (flashdisk masih colok) terus pencet esc,f9,dan pilih usb lagi terus pilih gui coba gitu deh.. coz gue juga ngalamin hal.dll eror dan gitu tadi caranya (credit to: follower) Kalau tidak bisa gunakan cara kedua dibawah ini.

Cara Kedua – Kadang terjadi error dengan file hal.dll ini juga bisa dikarenakan  master windows xp corrupt (rusak) atau cd rom/cd master windows yg bermasalah sehingga file yg dibutuhkan untuk install windows tidak tercopy sempurna ke flash drive. Kalau anda menemukan error seperti ini coba ulangi sekali lagi proses compile ke flash disk dan kalau masih terjadi error saya sarankan untuk mencari master windows baru/buat virtual drive dan masukkan windows installer yg di cd ke virtual drive tersebut.

Error BlueScreen :
– Cara penanggulangan – Ini paling sering karena driver sata yg belum terintegrasi dengan benar pada saat compile dgn dengan nlite. Jadi ulangi lagi pada langkah pembuatan nlite. Matikan sebanyak mungkin program yg tidak perlu termasuk antivirus.

Masih tidak berhasil? Gunakan CD installer windows lain.

Masalah F8 yg tidak berhasil..

Pastikan anda menggunakan driver SATA yg benar. Cari driver SATA yg sesuai dengan tipe notebook/netbook anda. Kalau driver SATA ngga sesuai maka setup biasanya ngga akan bisa dilanjutkan.

Bila cara diatas masih tidak bisa berjalan gunakan cara berikut ini ?

  1. Setelah langkah 1 sampai 10 diatas selesai maka buka lokasi windows hasil copyan dari Nlite tadi, kemudian hapus file windowsnya kecuali Last Session.ini dan Last Session_u.ini
  2. Buka file CD Installer kemudian copykan filenya ke lokasi copyan Nlite Tadi. Hal ini dilakukan karena kemungkinan pada saat proses Nlite mengcopy file windows terjadi error.
  3. Lanjutkan langkah 11 sampai selesai.

Bila USB Flash boot sudah berhasil dengan baik, maka simpanlah file hasil Copyan Nlite tadi, karena bila ingin melakukan Instalasi ulang maka cukup memakai file tersebut dan hanya melakukan langkah 11 sampai akhir.

About these ads